Saturday, June 27, 2015

Telinga yang Berdenging Saat dalam Pesawat

Unknown | June 27, 2015 |
Saat kita naik pesawat dan mengalami telinga berdenging rasanya ini adalah keadaan yang normal. Biasanya permen karet atau permen yang bisa dikunyah sangat membantu. Menyesap air minum, menelan ludah atau menguap secara teratur juga membantu, meskipun agak sulit melakukannya. Maklum, jika di dalam pesawat rasanya yang ingin dilakukan adalah tidur dan cepat sampai tujuan. Dan telinga berdenging saat naik pesawat itu memang mengganggu.
Kenapa telinga bisa berdenging ketika Anda berada di dalam pesawat? Saat Anda diam dalam tekanan berbeda di dalam pesawat, Tube Eustachian juga ikut diam membuat udara tertahan di bagian telinga. Ketika Anda mengunyah maka kegiatan ini akan memaksa otot di dalam Tube Eustachian berkontraksi dan membuka aliran udara ke dalam dan keluar telinga bagian tengah. Dengan melakukan hal itu maka tekanan dapat diseimbangkan.


Tetapi kalau Anda sedang flu atau pilek maka cara ini tidak akan berguna. Saat pesawat landing jangan sampai tertidur karena saat tidur anda tidak akan sering menelan ludah dan sulit membuat tekanan udara di dalam telinga bagian tengah seimbang. Metode lain yang bisa dicoba adalah dengan menutup hidup dan menutup mulut selama beberapa saat. Saat Anda lakukan itu telinga akan bereaksi dengan suara ‘pop’.
Itu adalah tanda bahwa tekanan udara telah seimbang kembali di dalam telinga. Bagi yang baru pertama naik pesawat telinga berdenging saat naik pesawat mungkin cukup menjadi pengalaman yang mengejutkan. Metode menekan hidung dan menjepitnya dengan tangan disebut dengan Salsava Maneuver. Namun perlu dingat, orang yang menderita Sakit Jantung TIDAK BOLEH mencoba metode ini di dalam pesawat.
Ada juga orang yang menggunakan semprotan khusus untuk hidung atau tetes hidung untuk mengatasi hal itu. Jika memiliki persediaan obat itu maka gunakan satu jam sebelum take off. Untuk mengatasi telinga berdenging saat naik pesawat Anda juga bisa menggunakan earplane yang sudah disediakan di dalam pesawat untuk melindungi telinga Anda.
Usai naik pesawat atau saat naik pesawat dan saat berada di tempat tinggi seperti gunung, biasanya telinga kita terasa berdengung, nyeri dan daya dengar mengurang.

Berikut beberapa cara mengatasinya:

1. Kunyah permen karetMakan sepotong permen karet lalu kunyah dengan penuh semangat. Telan sesering mungkin air liur dari hasil kunyahan itu. Gerakan menelan berkali-kali cukup membuat telinga terasa plong.

2. Minum airJika permen karet tidak membantu, minumlah air atau minuman lain dalam jumlah banyak sekali tegukan. Itu bisa membantu menelan lebih keras dibanding menelan liur kunyahan permen karet.

Gerakan menelan bisa membuat perbedaan antara hampir membersihkan telinga dan menghilangkan tekanan.

3. MenguapMenguap selebar dan sekeras bisa dilakukan kalau meneguk air tidak berhasil. Lakukan beberapa kali secara berurutan.

4. Jepit hidungJika tidak ada yang efektif, jepit hidung sepenuhnya dan tutup mulut rapat-rapat. Hembuskan napas lewat hidung. Namun, jangan keras-keras karena bisa menyakiti diri sendiri.


Jika Anda sudah mendarat dan masih merasakan sakit, bisa gunakan cara berikut :
1. Bersihkan telinga Anda dan teteskan air hangat ke dalam telinga Anda, agar telinga Anda menjadi hangat dan bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Pada umumnya, jika suhu lingkungan tujuan Anda hangat, maka tips ini sangat tepat untuk dilakukan. 

2. Minumlah tylenol (obat sakit kepala) atau ibuprofen (obat pencegah peradangan). Minumlah tylenol 30 menit sebelum Anda mendarat. Tylenol membutuhkan waktu untuk bereaksi. 30 menit adalah waktu yang cukup untuk membiarkan tylenol bereaksi.




Source: health.liputan6.com and kaskus.co.id

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

Pages

Powered by Blogger.

Translate

Search This Blog