Saturday, June 14, 2014

Unknown | June 14, 2014 |
BANYAK masyarakat yang masih percaya kebiasaan mandi malam dapat menyebabkan nyeri di persendian yang kemudian dapat dianggap sebagai rematik. Padahal hal tersebut tidak berhubungan sama sekali.
Menurut Prof. Dr. dr. Handono Kalim, SpPD-KR, Ketua Perhimpunan Reumatologi Indonesia (IRA) bahwa hal itu menyangkut mengenai persepsi. Karena pada saat seseorang tidak nyaman dengan dingin, ini dapat menimbulkan rasa nyeri. Pada setiap orang, respon syaraf terhadap dingin berbeda-beda. Tapi ini hanya persepsi saja, tak ada hubungannya dengan rematik.


Rematik adalah penyakit yang memiliki 100 jenis dengan gejala yang mirip satu sama lain. Penyakit ini menyerang sendi dan struktur jaringan penunjang di sekitar sendi sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri. Asam urat dan autoimun adalah dua di antara banyak faktor yang menimbulkan rematik.
Penyakit ini telah dialami sejak masa prasejarah, ilmuwan bahkan memprediksi kejadian rematik pertama pernah dialami dinosaurus. Tidak hanya lansia, hingga kini penyakit rematik justru menyerang banyak penduduk usia produktif.
Prof. Handono menambahkan, belum ada pencetus pasti apa penyebab rematik ini karena jenisnya yang beragam dan ini adalah penyakit yang paling banyak menimbulkan kerusakan pada tubuh manusia, tapi paling sering diabaikan. Namun, faktor gaya hidup yang buruk, seperti konsumsi makanan tidak sehat, kebiasaan merokok, dan alkohol dapat memicu salah satu jenis rematik.

Berikut sudut pandang dunia kedokteran mengenai Mandi pada malam hari dan Rematik:
Mitos: Rematik disebabkan mandi malam hari.Fakta: SALAH.
  • Entah telah berapa tahun lamanya masyarakat awam telah menganut paham yang sangat keliru. Bertanyalah pada setiap orang yang Anda temui dan mereka akan mengangguk setuju bahwa mandi malam hari tidaklah baik untuk tubuh.
  • Rematik adalah penyakit dimana terjadi peradangan pada persendian, dan terdapat ratusan jenis rematik yang telah ditemukan, salah satu yang tersering adalah Rheumatoid arthritis, jenis lainnya antara lain Systemic Lupus Erythematosus , Ankylosing Spondylitis,dan Goutarthritis.
  • Penyakit ini merupakan penyakit autoimun, yang artinya system kekebalan tubuh kita menyerang tubuh kita sendiri, dalam hal ini terutama bagian persendian, sehingga si penderita akan merasakan nyeri pada sendi yang terkena.

Mitos: Rematik adalah penyakit manula.
Fakta: SALAH.
  • Tidak sedikit orang yang akan mengiyakan pada pendapat bahwa rematik adalah penyakit yang hanya menyerang orang usia lanjut. Pernyataan ini -sekali lagi- keliru.
  • Sejatinya, sampai detik ini sebab pasti dari penyakit rematik belumlah jelas ditemukan, namun terdapat dugaan bahwa kelainan genetiklah yang menjadi penyebab utama. Rematik menyerang orang yang usianya produktif, yakni antara usia 20 sampai 45 tahun, mungkin Anda terkejut, tapi itulah fakta yang ada.
  • Penyakit sendi yang menyerang orang lanjut usia biasanya bersifat degeneratif ataupun faktor eksternal lainnya, yang artinya kerusakan karena penuaan, bukan karena proses autoimunitas tadi. Karena menyangkut sistem imun, jelas sekali bahwa masalah utama rematik terdapat di peredarandarah, yang mana tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan air dingin yang mengenai kulit kita pada malam hari.
Gejala Rematik
Gejala penyakit rematik bisa Anda lihat dengan adanya:
  • Nyeri
  • Warna kemerahan pada persendian
  • Pembengkakkan pada persendian
  • Terasa hangat pada daerah persendian
  • Menurunnya fungsi  yang terkena
  • Sendi terasa kaku pada pagi hari

Tapi, untuk berjaga-jaga sebaiknya kita jangan mandi malam, ya. Karena tidak ada untungnya juga kalau kita mandi di malam hari, jadi biasakan mandi di sore hari.

Sources: http://lifestyle.okezone.com/read/2014/10/25/481/1056757/mandi-malam-bikin-rematik-cuma-mitos
http://klikdokter.com/healthnewstopics/health-topics/mandi-malam-rematik-tidak-berhubungan

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Search

Pages

Powered by Blogger.

Translate

Search This Blog